PENGALAMAN - PENULISAN ILMIAH

| Selasa, 14 Juni 2016

Judul Penulisan Ilmiah:
Aplikasi Pembelajaran Sistem Tata Surya Menggunakan Macromedia Flash Professional 8

Penulisan Ilmiah merupakan hal wajib bagi mahasiswa Universitas Gunadarma sebagai salah satu syarat kelulusan, yang berguna untuk mendapatkan gelar setara sarjana muda atau D3. Setiap mahasiswa Universitas Gunadarma akan mulai mendapatkan SKS Penulisan Ilmiah pada awal tingkat 3 yaitu semester 6. Dimana pada awal tingkat 3 dimulai, mahasiswa akan mulai diberikan pengumuman mengenai dosen pembimbing yang telah ditentukan oleh pihak kampus yang nantinya akan membimbing mahasiswa tersebut selama proses penulisan ilmiah berjalan.

Pada penyusunan penulisan ilmiah ini terdiri atas 4 bab utama, yaitu:
  • Bab 1 Pendahuluan
  • Bab 2 Landasan Teori
  • Bab 3 Pembahasan
  • Bab 4 Penutup

Namun, selain 4 bab utama diatas masih terdapat bab lainnya seperti: Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Pustaka, Lampiran dan lain sebagainya.

Pada penulisan ilmiah yang telah saya buat yaitu sebuah aplikasi pembelajaran multimedia mengenai sistem tata surya. Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk membantu pengajar dalam menyampaikan, dan memudahkan pelajar dalam mengenal sistem tata surya karena cara penyampaiannya yang dibuat semenarik mungkin. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Macromedia Flash Professional 8, yaitu salah satu software yang membantu dalam proses pembuatan aplikasi multimedia.

Hal yang pertama kali saya khawatirkan dalam proses penulisan ilmiah ini adalah saat pertama kali bertemu dengan dosen pembimbing, yaitu dimana saya diharuskan membawa beberapa judul yang nantinya akan dikonfirmasi oleh pembimbing tersebut karena saat itu saya tidak yakin akan judul yang akan saya ajukan. Beruntungnya, saya mendapatkan dosen pembimbing yang lebih mengutamakan tujuan pembuatan aplikasi tersebut sehingga aplikasi yang sekiranya bermanfaat nantinya lebih mudah untuk mendapatkan acc dari pembimbing.

Setelah judul yang diajukan telah diterima, dosen saya menarget pertemuan selanjutnya adalah dengan membawa 2 bab sekaligus, yaitu bab 1 dan bab 2. Disini, saya sangat dipacu untuk bekerja dengan target sehingga hal ini mengharuskan saya memanage waktu dengan sebaik mungkin agar target tersebut dapat tercapai dan dapat menyelesaikan penulisan tersebut tepat waktu bahkan lebih cepat dari yang lain.

Pengalaman yang tak terlupakan yaitu ketika saya bergadang demi menyelesaikan project yang telah saya rencanakan. Dalam proses pembuatan aplikasi tersebut, saya lebih ditekankan untuk mengkaji lebih dalam lagi mengenai materi pembelajaran yang akan disampaikan dan saya juga belajar banyak mengenai penggunakan software macromedia flash, karena itu merupakan pertama kalinya saya mencoba software tersebut. Pada proses pembuatan aplikasi ini, saya dibantu oleh kk saya dalam pemahaman software pada beberapa hal yang tidak saya pahami kegunaannya, sehingga ini memudahkan saya dalam pengerjaan aplikasi.

Ada beberapa hal yang berkesan untuk saya, ketika dimana saya dan teman-teman saya diharuskan untuk mendatangi dosen pembimbing ke kampus Universitas Gunadarma Kalimalang demi mendapatkan sebuah tanda tangan untuk surat acc dan nilai, saat itu merupakan pertama kalinya kami pergi kesana dan dalam keadaan berpuasa. Dan saat itu juga merupakan hal yang menyenangkan bagi saya, karena dengan tanda tangan pada surat acc dan nilai tersebut target penyelesaian kami selesai. Sehingga, kami pun dapat mengajukan sidang bersama.


Pengalaman paling mendebarkan pada saat penulisan ilmiah ini adalah ketika saya akan sidang. Ketika di dalam ruangan sidang saya dihadapkan dengan 3 orang penguji, disini daya diperintahkan mempresentasikan hasil pekerjaan saya yang nantinya akan mereka nilai. Pada saat pengujian aplikasi tersebut, ada seorang penguji yang menginginkan penambahan pada aplikasi yang telah saya buat sehingga saya diharuskan berhadapan lagi dengannya saat revisi tersebut selesai dikerjakan. Selain revisi aplikasi, ada beberapa orang penguji yang menanyakan beberapa hal yang masih bersangkutan dengan aplikasi yang saya buat. Namun saya bersyukur karena saya dapat menyelesaikan revisi tepat waktu sesuai dengan keinginan dari penguji, dan dengan itu saya langsung mendapatkan acc dari penguji yang menyatakan bahwa saya telah menyelesaikan SKS Penulisan Ilmiah tersebut.
Next Prev
▲Top▲