KOMPUTASI DAN PARALLEL PROCESSING

| Selasa, 14 Juni 2016
KOMPUTASI
Setiap jenis perhitungan atau penggunaan teknologi komputer dalam pengolahan informasi. Perhitungan adalah proses yang jelas model yang dipahami dan dinyatakan dalam suatu algoritma, protocol, topologi jaringan dan lain sebagainya. Perhitungan itu pula merupakan subyek utama dalam ilmu komputer yaitu menyelidiki apa yang dapat atau tidak dapat dilakukan dengan cara komputasi.

Perhitungan dapat diklasifikasikan oleh setidaknya 3 kriteria orthogonal, yaitu:
  • Digital vs analog
  • Sekuensial vs parallel vs bersamaan
  • Bets vs interaktif

Perhitungan digital di dalam prakteknya digunakan untuk mensimulasikan proses alam, seperti: perhitungan evolusi.
Dan yang lebih alami dijelaskan oleh model analog perhitungan, seperti: jaringan syaraf tiruan.

PARALEL PROCESSING
Pemrosesan parallel dalam komputer, merupakan pengolahan dari program instruksi dengan membagi di antara beberapa processor dengan tujuan untuk menjalankan program dalam waktu singkat.

Sebuah program komputasi-intensif yang memakan waktu satu jam untuk menjalankan dan menyalin program tape yang mengambil satu jam untuk menjalankan akan mengambil total keseluruhan dua jam untuk menjalankan. Bentuk awal dari pemrosesan parallel memungkinkan eksekusi interleaved kedua program bersama-sama. Komputer akan memulai operasi I/O dan sementara itu sedang menunggu operasi untuk menyelesaikan, itu akan mengeksekusi program processor-intensive. Waktu eksekusi total untuk kedua pekerjaan tersebut akan menjadi kurang lebih satu jam.

Peningkatan berikutnya merupakan multiprogramming. Dalam sistem multiprogramming, beberapa program telah dikirim pengguna yang masing-masing diperbolehkan untuk menggunakan processor dalam waktu yang singkat. Untuk pengguna tampak bahwa semua program yang dilaksanakan pada saat yang sama. Masalah pertama muncul pertentangan sumber daya di sistem ini. Permintaan eksplisit untuk sumber daya menyebabkan masalah dari kebuntuan. Kompetisi untuk sumber daya pada mesin tanpa melanggar instruksi mengarah pada rutin critical section.

Langkah berikutnya dalam pengolahan parallel adalah pengenalan multiprocessing. Dalam sistem ini, dua atau lebih processor berbagi pekerjaan yang akan dilakukan. Versi awal memiliki master/slave konfigurasi. Salah satu processor (master) diprogram untuk bertanggung jawab atas semua pekerjaan dalam sistem, sementara yang lainnya hanya melakukan tugas-tugas yang diberikan oleh master. Pengaturan ini diperlukan karena tidak mengerti bagaimana mesin dalam program dapat berkerja bersama dalam pengolaan sumber daya sistem.

HUBUNGAN KOMPUTASI MODERN DENGAN PARALEL PROCESSING
Kinerja komputasi dengan menggunakan parallel processing itu menggunakan dan memanfaatkan beberapa komputer atau CPU untuk menemukan suatu pemecahan masalah dari masalah yang ada. Sehingga dapat diselesaikan dengan cepat daripada menggunakan satu komputer saja. Komputasi dengan parallel processing akan menggabungkan beberapa CPU dan membagi-bagi tugas untuk masing-masing CPU tersebut. Sehingga, masalah terbagi-bagi dalam penyelesaiannya. Namun, ini hanya untuk masalah besar saja sehingga komputasi dengan masalah yang kecil lebih murah menggunakan satu CPU saja.

KOMENTAR: KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ARTIKEL
Kelebihan dari artikel ini adalah telah dijelaskan pengertian tersebut dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.

Kekurangan dari artikel ini adalah masih kurang lengkapnya penjelasan mengenai parallel processing, sehingga perbedaan spesifik antara komputasi biasa dan komputasi parallel processing tidak terlihat dengan jelas.

REFERENSI

Prev
▲Top▲