SEJARAH KOMPUTASI MODERN

| Selasa, 19 April 2016
PENDAHULUAN

PENGERTIAN KOMPUTASI MODERN
          Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input. Data inpust disini adalah sebuah masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem. Komputasi ini merupakan bagian dari ilmu komputer berpadu dengan ilmu matematika. Secara umum ilmu komputasi meliputi bidang ilmu dimana memiliki perhatian khusus pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numeric serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan berbagai masalah ilmu.

Komputasi modern adalah sebuah konsep yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dalam memory komputer. Oleh karena itu, apabila kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka dapat disebut sebagai komputasi modern.


PEMBAHASAN

SEJARAH KOMPUTASI MODERN
          Sejarah komputasi modern awal mula dari komputasi adalah adanya perhitungan-perhitungan angka yang dilakukan manusia. Manusia telah mengenal angka dan perhitungan sejak berabad-abad yang lalu, dan seiring perkembangan zaman manusia pun melakukan perhitungan yang lebih kompleks. Karena adanya keterbatasan otak manusia yang dapat mengalami keterbatasan dalam menghitung angka yang jumlahnya dapat berdigit-digit, maka terciptalah alat-alat yang bertujuan untuk mempermudah dalam menyelesaikan masalah tersebut. Alat-alat tersebut berupa sempoa, lalu dikembangkan menjadi kalkulator, dan karena semakin berkembangnya kebutuhan tersebut, maka banyak pula data-data yang ingin dihitung dan mulailah ide pembuatan untuk membuat komputer sebagai alat hitung dengan konsep komputasi modern. Tidak hanya itu, komputer yang diciptakan hingga sekarang bukan hanya sebuah alat yang hanya digunakan yang digunakan untuk perhitungan saja, namun masih banyak yang dapat digunakan dalam mengerjakan hal lain seperti menyimpan, mengedit, mengolah kata, dan masih banyak lagi.

  Sejarah perkembangan komputasi modern dimulai dari seorang ilmuan ternama yang berasal dari Hungaria bernama John Von Neumann (1903-1957). Von Neumann merupakan sebuah ilmuan yang berlajari di Berlin dan Zurich dan mendapat diploma di bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada saat yang sama, beliau mendapatkan gelar doctornya pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Berkat keahliannya Von Neumann dalam bidang teori game yang melahirkan automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang disalurkan melaluli karya-karyanya. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil yang dengan kemampuannya mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit di dalam kepalanya.

       Dalam kerjanya, komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari setiap masalah yang ada dan perhitungan yang dilakukan, meliputi:
  1. Akurasi (Big, Floating Point)
  2. Kecepatan (Dalam satuan Hz)
  3. Problem Volume Besar (Down Sizing atau Paralel)
  4. Modeling (NN dan GA)
  5. Kompleksitas (Menggunakan Teori Big O)

KARAKTERISTIK KOMPUTASI MODERN
Karakteristik dari komputasi modern, diantaranya yaitu:
  1. Komputer penyedia sumber daya yang bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi serta aplikasi yang terpasang.
  2. Komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang berseragam.
  3. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

JENIS-JENIS KOMPUTASI MODERN
Beberapa jenis-jenis komputasi modern ada 3, yaitu:
  1. Mobile Computing
Merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau dipindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
  1. Grid Computing
Memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan.
  1. Cloud Computing
Merupakan perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas.

CONTOH KOMPUTASI MODERN
Berikut beberapa contoh komputasi modern hingga sampai dengan lahirnya ENIAC:
  • Konrad Zuse’s electromechanical “Z Mesin”.Z3 (1941), sebuah mesin pertama yang menampilkan biner matematika, termasuk aritmatika floting point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu dianggap sebagai Turing lengkap.

  • Non-programmable Atanasoff-Berry, komputer yang ditemukan pada tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regenerative memori kapasitor. Penggunaan memori regenerative diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).

  • Komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable.  Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.

  • The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elktromekanis dengan programmability terbatas.

  • Lalu, lahirlah US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC, ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan untuk menghitung decimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik (ENIAC merupakan generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse’s Z3 yang ditemukan pada tahun 1941).



KESIMPULAN

Komputasi modern adalah sebuah konsep yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dalam memory komputer. Oleh karena itu, apabila kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka dapat disebut sebagai komputasi modern.

Sejarah perkembangan komputasi modern dimulai dari seorang ilmuan ternama yang berasal dari Hungaria bernama John Von Neumann (1903-1957). Von Neumann merupakan sebuah ilmuan yang berlajari di Berlin dan Zurich dan mendapat diploma di bidang teknik kimia pada tahun 1926. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang disalurkan melaluli karya-karyanya. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil yang dengan kemampuannya mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit di dalam kepalanya.

Dalam kerjanya, komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari setiap masalah yang ada dan perhitungan yang dilakukan meliputi Akurasi, Kecepatan, Problem Volume Besar  dan Modeling. Komputasi modern berguna untuk mempermudah manusia dalam berbagai macam pekerjaannya.


DAFTAR ISI


[1]     Adhit Tjatur. 2015. Definisi dan Contoh Komputasi Modern.
(diakses: 6 April 2016)

[2]     Zakariya, Agnan. 2015. Definisi Komputasi Modern.
          http://voh.zakariyasoewardi.co.uk/definisi-komputasi-modern.html
Next Prev
▲Top▲