ANALISA WEBSITE - MIYABI EXPRESS

| Senin, 28 Maret 2016
PENGERTIAN DAN SEJARAH
Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input. Data input disini adalah sebuah masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem. Komputasi ini merupakan bagian dari ilmu computer berpadu dengan ilmu matematika. Secara umum ilmu komputasi meliputi bidang ilmu dimana memiliki perhatian khusus pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numeric serta penggunaan computer untuk menganalisis dan memecahkan berbagai masalah ilmu.

Komputasi modern itu sendiri merupakan sebuah konsep sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpan dalam sebuah memori, maksud memori disini bisa dari memori komputer. Oleh karena itu, pada saat ini apabila kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka dapat disebut sebagai komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957).

Sejarah komputasi dimulai dari seorang ilmuan yang ternama dibidang teknologi. Permulaan komputasi modern dimulai pada saat tahun 1926 oleh ilmuan yang berasal dari Hungaria yang bernama John Von Neumann. Von Neumann merupakan seorang ilmuan yang belajar dari Berlin dan Zurich dan mendapatkan diploma pada bidang kimia pada tahun 1926.

Pada saat yang sama beliau mendapatkan gelar doctor pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Berkat keahliannya Von Neumann dalam bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit di dalam kepalanya.

Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari setiap masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan meliputi:
·         Akurasi
·         Kecepatan
·         Masalah dalam volume besar
·         Modelling
·         Kompleksitas


ANALISA WEBSITE
         Penerapan komputasi modern telah dikembangkan dan diterapkan di berbagai bidang, salah satu contohnya yaitu bidang kuliner. Disini, saya akan menganalisa suatu restoran yang berdiri di pertengahan tahun 2014, yang sebelumnya pernah berjalan di awal tahun 2010 dengan nama sushi miyabi. Restoran ini merilis konsep baru yaitu dengan nama Miyabi Express dengan tujuan agar dapat melayani para pencinta makanan jepang dimanapun berada dengan pelayanan cepat.

         Konsep baru Miyabi Express yang berbeda dari restoran lainnya adalah selain medirikan outlet restoran, disini juga menyediakan layanan “online delivery sushi” yaitu pemesanan sushi secara online. Pemesanan dapat dilakukan melalui website, instagram, telepon, sms, bbm, whatsapp dan line dari Miyabi Express. Berikut merupakan alamat situs resmi dari Miyabi Express : http://www.miyabiexpress.com/.
           
         Ketika pertama kali anda membuka situs tersebut, maka anda akan langsung masuk ke dalam tampilan home. Disana, akan terdapat tampilan menu yang akan berganti di setiap detiknya dan tampilan berita terbaru.
 

         Lalu apabila anda ingin melihat tampilan daftar menu yang dimiliki oleh restoran Miyabi Express, maka anda hanya perlu memilih Menu pada tampilan menu navbar yang ada. Pada halaman menu ini, anda akan melihat berbagai macam menu paket dan satuan yang dapat anda pesan secara online. Apabila anda ingin memesan makanan yang terdapat dalam menu, anda hanya perlu mengklik menu tersebut, maka pesanan anda akan dicatat secara otomatis. Di dalam menu ini, terdapat daftar harga dan keterangan dari masing-masing menu tersebut.
Tampilan Menu Paket

Tampilan Menu Satuan

         Apabila anda telah selesai untuk memilih menu yang anda inginkan untuk dipesan, anda dapat masuk ke menu ‘Pesanan Anda’. Disana, telah tersedia menu yang telah anda pesan sebelumnya, jumlah pesanan, harga satuan dan subtotal pesanan. Anda hanya tinggal mengisi Nama, Alamat Email, No Handphone, Alamat Lengkap, Metode Pembayaran dan Tanggal & Jam Pengiriman lalu klik Confirm Order maka orderan anda akan di proses.

         Dari sini dapat disimpulkan, bahwa Miyabi Express telah menggunakan komputasi modern. Karena, didalamnya terdapat layanan pemesanan online yang dapat memudahkan dalam pemesanan tanpa harus datang langsung ke restaurant tersebut, dan didalamnya terdapat perhitungan matematika yang dilakukan secara terkomputerisasi. Pemesanan dapat dilakukan dalam volume yang besar.

Kelebihan:
  • Memudahkan pembeli dalam melakukan pesanan
  • Pesanan dapat diakses dimanapun selama terhubung dengan jaringan internet
  • Tampilan website sangat menarik dan mudah digunakan
  • Informasi pada website lengkap

Kekurangan:
  • Pemesanan hanya dapat dilakukan dibeberapa kota tertentu
  • Adanya minimal pemesanan yang telah ditentukan

REFERENSI

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲