PROMOSI DIRI

| Senin, 28 Maret 2016
            Nama saya Chintyasarie Andriany. Saya lahir dan dibesarkan di Bogor, pada tanggal 21 Maret tahun 1994. Saya merupakan anak kedua dari 4 bersaudara. Saya pernah bersekolah di TK Kartika, SD Negri Lawanggintung 1, SMP Negri 10 dan SMK Wikrama Bogor.

            Saat pendidikan di SMK Wikrama Bogor, saya mengambil jurusan RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak. Disini, saya telah dikenalkan beberapa bahasa pemrograman dasar, seperti: Java, Visual Basic, C++, PHP, HTML, Mysql, dan lain sebagainya. Di sekolah ini saya tidak hanya diajarkan dengan hal yang menyangkut komputer saja, namun juga hal-hal yang menyangkut lingkungan dan kehidupan sosial lainnya. Disini juga saya diajarkan banyak hal yang tidak sering saya jumpai di sekolah lainnya, yang sekiranya dapat membantu saya di dunia kerja nanti.

Sebagai syarat untuk dapat mengikuti PKL atau kerja lapangan yang merupakan salah satu syarat untuk lulus dari sekolah ini, saya ditutut untuk melakukan kegiatan CBT RPL dimana saya diharuskan bekerja secara kelompok untuk membuat suatu program aplikasi yang nantinya dapat berguna, kami diminta menyelesaikan project tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Disini kami membuat sebuah website paperless, yang fungsinya untuk mempermudah dalam kegiatan ujian dan latihan yang dapat dilakukan secara online. Selain memudahkan pelajar dalam mengerjakan ujian tersebut, project ini juga membantu para guru dalam melakukan penilaian sehingga tidak diperlukan penilaian secara manual atau satu persatu. Setelah batas waktu tersebut telah habis, saya dan kelompok diharuskan untuk mempresentasikan hasil dari program yang telah kami buat di depan guru serta teman-teman lainnya.

            Setelah kami menyelesaikan kegiatan CBT RPL tersebut, saya dan seluruh teman seangkatan diminta untuk mencari tempat yang sekiranya dapat menerima untuk dilakukan kegiatan kerja lapangan. Lokasi pertama saya melakukan kerja lapangan yaitu di Dinas Pendidikan Bogor, namun karena beberapa sebab saya dipindahkan ke perusahaan yang bernama PINTAR yang berlokasi di Jakarta. Disini, kami diberikan sebuah project untuk membuat sebuah Website Profil dari perusahaan tersebut. Kami diberikan batasan waktu untuk mengerjakannya selama 3 bulan, dan nantinya website tersebut akan diserahkan kepada pihak perusahaan.

Setelah kami menyelesaikan project yang telah diberikan, kami menyerahkan hasil dari website yang telah kami buat kepada salah satu pihak perusahaan. Dan setelah masa 3 bulan PKL selesai, kami ditarik kembali untuk dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Disini, kami diharuskan mempertanggung jawabkan atas hasil kami selama 3 bulan PKL. Kami diminta membuat laporan dan bahan dari project yang telah kami kerjakan selama PKL yang nantinya akan dipresentasikan di depan guru kami. Setelah seluruh persyaratan kelulusan telah diselesaikan, maka saya pun dinyatakan lulus.

Saat ini saya sedang menjalani pendidikan lanjut di Universitas Gunadarma yang bertempat di Depok, dengan mengambil jurusan Teknik Informatika, di Fakultas Teknologi Industri. Disini, saya melanjutkan jurusan yang telah saya ambil di SMK sebelumnya. Selama saya menjalani pendidikan di Universitas Gunadarma, saya telah mempelajari beberapa bahasa pemrograman, beberapa diantaranya adalah: Basic, Pascal, Python, Visual Basic, Visual Basic .NET, Java, PHP, HTML, MySQL, Oracle, Android dan lain sebagainya. Tidak hanya pemrograman saja yang diajarkan disini, saya pun dikenalkan pada Grafik Komputer, Jaringan Komputer dan banyak sekali pelajaran yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

            Di Universitas Gunadarma ini, saya dituntut untuk mengikuti Kursus dan Workshop guna memenuhi syarat kelulusan nantinya. Saya telah mengikuti berbagai macam workshop, diantaranya adalah: Microsoft Visual Basic .NET, Introduction to Wireless LAN Installation, Introduction to Visual C++ with MFC, Basic User Linux, dan Web Design Using Macromedia Flash.

Disini saya juga telah mengikuti kursus Microsoft Database Administration Fundamentals yang dilaksanakan di kampus H Universitas Gunadarma. Untuk Database Fundamental itu sendiri Universitas Gunadarma telah bekerja sama dengan Microsoft. Pada kursus ini saya diajarkan untuk berinteraksi langsung dengan database SQL Server dan di akhir pertemuannya diadakan test yang cara pengerjaannya dilakukan di komputer secara online.

            Di kampus ini saya bekerja sebagai asisten integrated laboratorium yang bertempatan di Kampus H Universitas Gunadarma. Disini, saya bekerja sebagai staff operasional yang bertugas mengawasi dan memandu praktikan agar praktikum tersebut dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya tanpa ada masalah. Disini, saya dituntut untuk dapat mengatur waktu dengan baik, sehingga saya dapat menjalankan kuliah dan kerja dengan sama baiknya. Disini juga saya diharuskan untuk dapat berinteraksi dan mengatasi masalah dengan baik dan cepat.

            Di Universitas Gunadarma ini saya dituntut untuk mengikuti PI (Penulisan Ilmiah) sebagai salah satu syarat untuk kelulusan dan agar dapat mengikuti skripsi nantinya. Saya membuat sebuah ‘Aplikasi Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Macromedia Flash Professional 8’ yang ditujukan untuk dapat membantu mempermudah murid khususnya anak-anak dalam mengenalkan sistem tata surya. Pada aplikasi ini, materi yang diberikan disajikan dengan tampilan yang menarik sehingga dapat membuat minat anak-anak untuk mempelajari sistem multimedia ini.


            Kelebihan yang saya miliki adalah, saya mampu bekerja dalam tim maupun individu. Saya selalu diajarkan untuk beretika sopan dan satun, sehingga saya mampu bersikap dengan baik. Saya suka untuk mempelajari sesuatu yang baru dan yang sekiranya dapat berguna nantinya. Saya dapat bekerja dengan menentukan prioritas dari masing-masing tugas tersebut. Saya sangat menyukai bekerja dengan tim yang dapat saling membangun.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲