PERKEMBANGAN SOFTWARE HOUSE PADA BISNIS IT DI INDONESIA

| Sabtu, 17 Oktober 2015
CHINTYASARIE ANDRIANY
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma



ABSTRAK

Kemajuan teknologi memberikan dampak besar bagi perubahan kemajuan dunia bisnis IT. Bisnis tidak selalu dilakukan secara langsung, dengan teknologi yang semakin maju itu sangat membantu sehingga melakukan bisnis tidak harus mencemaskan waktu dan jarak yang jauh. Software house membantu meringankan tugas dalam segala aspek bidang pekerjaan dengan menyediakan aplikasi atau software yang sesuai dengan kebutuhan dari tiap bidang.


PENDAHULUAN

Berkembangnya teknologi sangat menguntungkan bagi kebanyakan orang, karena dengan majunya teknologi informasi membantu mempermudah bagi setiap individunya. Teknologi informasi membantu memudahkan setiap individu untuk berkomunikasi, mencari informasi, berbisnis dan bahkan membantu memudahkan dalam pekerjaan.

Segala aspek bidang kehidupan lambat laun semakin terpengaruh dengan kemajuan teknologi. Setiap bidang pekerjaan selalu menggunakan suatu aplikasi yang bertujuan untuk membantu jalannya pekerjaan itu sendiri. Maka dari itu, banyak dari masing-masing bidang membutuhkan suatu aplikasi atau software yang sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, pada sebuah supermarket dibutuhkan sebuah aplikasi dimana didalamnya terdapat data barang yang akan berubah sesuai dengan transaksi pembelian. Usaha software house memiliki garis besar bagaimana untuk memberikan solusi kepada client, baik itu dari pemerintah, perusahaan atau perorangan. Software house mengerjakan semua yang diminta oleh client.


PEMBAHASAN

PENGERTIAN SOFTWARE HOUSE
Software house merupakan suatu perusahaan yang menyediakan jasa dalam melayani pemesanan, pembuatan software atau aplikasi yang sesuai dengan keinginan dari client. Namun, tak jarang juga suatu software house membuat suatu aplikasi atau software yang bersifat umum seperti aplikasi toko, supermarket, rental dan lain sebagainya. Contoh software house besar yang kita kenal seperti Microsoft, Apple Inc, Oracle Corporation, dll.

Menurut International Data Corporation (IDC) pada 2010, jumlah software house atau independent software vendor (ISV) di Indonesia 2006 tercatat sekitar 250 pebisnis. IDC memprediksikan, pelaku bisnis software akan terus berkembang hingga mencapai 500 perusahaan hingga 2011 [1].

Sebuah software house biasanya terdiri atas beberapa tim, diantaranya yaitu:
1. Bisnis Analis
Bisnis Analis bertugas untuk menganalisa software seperti apakah yang dibutuhkan oleh pasar.
2. Programmer
Programmer bertugas untuk membuat program, software atau aplikasi yang dibutuhkan.
3. Tester
Tester bertugas untuk menguji coba suatu software apakah berjalan sesuai dengan yang diharapkan atau tidak [2].



Beberapa jasa yang ditawarkan software house, yaitu:
1. Membuat Aplikasi Berbasis Desktop
Pembuatan aplikasi berbasis desktop merupakan jasa pertama yang ditawarkan oleh sebuah software house. Pembuatan aplikasi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan dari client. Pembuatan aplikasi desktop biasanya menggunakan bahasa pemrograman popular di kalangan Indonesia, misalnya seperti Visual Basic, Delphi, VB.Net, Java dan lainnya. Contoh aplikasi desktop, yaitu: Aplikasi Perpustakaan.

2. Membuat Aplikasi Berbasis Web dan Desain Web
Software house memberikan jasa pembuatan aplikasi yang dibangun dengan bahasa pemrogramman yang berhubungan dengan website. Contoh dari aplikasi ini yaitu: Pembuatan website sekolah dan E-Learning.

3. Membuat Aplikasi Berbasis Mobile
Berbagai macam aplikasi-aplikasi yang berjalan di mobile seperti android, blackberry dan IOS. Maka dari itu, software house juga memiliki peluang untuk jasa yang satu ini.

4. Memberi Jasa Multimedia
Salah satu jasa atau servis yang ditawarkan oleh software house di Indonesia adalah membuatkan sesuatu yang berbau multimedia, seperti animasi.

5. Memberi Jasa Desain Grafis
Jasa desain grafis juga salah satu yang umum ditawarkan oleh usaha software house, karena banyak perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut. Biasanya jasa ini di sewa untuk membuat suatu perusahaan agar lebih dikenal, salah satu caranya adalah dengan membuat logo perusahaan [3].




USULAN

Untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi diharapkan untuk lebih memudahkan segala bidang pekerjaan. Salah satu implementasi teknologi yang berkaitan dengan pembuatan dan pemesanan aplikasi ini dapat ditemukan di perusahaan software house. Diperlukannya  pusat inkubasi bagi ide-ide perusahaan TI untuk mulai mengembangkan aplikasi.

HASIL EVALUASI

Teknologi informasi sangat berperan penting bagi segala aspek kehidupan. Teknologi memudahkan dalam segala aspek bidang pekerjaan. Teknologi juga membantu memudahkan mengatasi keterbatasan manusia selama ini, seperti keterbatasan akan waktu dan tempat tanpa harus mencemaskannya lagi.

Perkembangan bisnis software house di Indonesia masih perlu perhatian, karena banyak perusahaan maupun perorang yang lebih memilih menggunakan software atau aplikasi asing. Masih banyak yang dihadapi oleh perusahaan TI local dalam mengembangkan perusahaan di pasar software. Diperlukan perbaikan untuk memajukan pasar TI di Indonesia.



PENUTUP

Peluang untuk melakukan bisnis software house terbuka lebar, karena dengan semakin baiknya bisnis dalam bidang ini maka akan ikut memajukan pasar TI di Indonesia. Sehingga, semakin baiknya suatu perusahaan di bidang ini maka akan semakin besar kepercayaan orang untuk menggunakan jasa di bidang ini.


REFERENSI

            [1]      Anonim. 2011. Software Local Berjaya.
     [2]      Anonim. 2012. Software House di Indonesia. http://www.solusinusantara.co.id/mds/detail.php?p=288&title=Software-House-di-Indonesia.html
     [3]      Anonim. 2014. Jasa yang Ditawarkan Software House.
Next Prev
▲Top▲