New media atau media baru adalah istilah yang dimaksudkan
untuk mencangkup kemunculan digital, computer, atau jaringan teknkologi informasi
dan komunikasi di bagian akhir abad 20. New media menyodorkan kemungkinan peminta
akses konten kapan saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari
pengguna yang interaktif, kreatif dan pembentukan partisipasi masyarakat di sekitar
konten media. Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari
interaksi antara manusia dengan computer dan internet. Perbedaan media baru
dengan media tradisional bukan digitalisasi konten media ke bit melainkan
kehidupan dinamis di konten media baru dan hubungan interaktif dengan konsumen
media.
Menurut Ron Rice, media baru adalah media teknologi
komunikasi yang melibatkan computer untuk berinteraksi antar sesame pengguna
ataupun dengan informasi yang diinginkan.
Beberapa contohnya seperti website, blog, online social
network, online forum, game online dan semua hal yang menyangkut interaksi
antar manusia, internet dan computer.
Pandangan New Media
New media adalah suatu perkembangan baru dari media yang
telah ada, yang bertujuan memudahkan si pengguna berinteraksi dan mencari
informasi yang ia butuhkan dengan mudah dengan karakternya yang digital. Namun interaksi
dalam perkembangan new media bukan berarti bebas, dengan kata lain pengguna
tetap harus mengikuti aturan, kaidah dan norma yang menyangkut penggunaan media
baru.
New media sendiri memiliki kekurangan serta kelebihannya
sendiri. Kelebihan dari new media itu sendiri memudahkan pengguna berinteraksi
dengan berbagai orang, memudahkan manusia mendapatkan informasi yang
diperlukan, dan lain sebagainya. Namun, di setiap kelebihan pasti terdapat
kekurangannya, contohnya mempermudah pengaksesan terhadap hal yang negative seperti
judi online, hal yang berbau pornografi, biasanya pengguna lupa waktu – efek ketagihan
– dan terkadang berinteraksi di media baru membuat kurangnya interaksi manusia
dengan manusia secara langsung.
Manfaat New Media
New media memiliki manfaat sebagai berikut:
- Dapat dengan mudah mencari informasi dengan mudah dan cepat.
- Dapat di akses kapan dan dimana saja.
- Memudahkan pengguna berinteraksi dengan pengguna lain.
- Sebagai media komunikasi dengan berbagai pengguna lainnya meskipun berada di tempat jauh sekalipun.
- Sebagai media hiburan, contoh: game online, jejaring social.
- Sebagai sarana pendidikan, contoh: ebook, belajar online, dll.
- Sebagai perantara bisnis.
Komponen New Media
Komponen-komponen dari new media:
- Internet dan Web
- Personal Computer (PC) / Notebook.
- DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
- VCDs (Compact Discs)
- Portable Media Player.
- Mobile Phone.
- Video Game/ Game Computer.
- Virtual Reality.
- Handphone
- Dan lain sebagainya.
Aplikasi
New Media
Beberapa contoh aplikasi didalam internet
yang mengembangkan new media, yaitu:
- Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita atau informasi lainnya.
- CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
- Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
- Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepada publik.
- BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer.com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).
- Dan sebagainya.
Daftar
Pustaka
0 komentar:
Posting Komentar