Membuat Objek Menggunakan Software Blender

| Selasa, 25 November 2014


Pada kali ini, kelompok kami akan menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan objek TV dan Meja dengan menggunakan Software Blender seperti pada gambar diatas.


Membuat TV
Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat objek TV:
Setelah membuka software blender, kita gunakan objek default yaitu kubus.
 
Resize kubus terhadap garis Y dengan tombol S + Y dan atur bentuk sehingga sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
Selanjutnya resize kembali kubus yang telah dipipihkan terhadap garis X dengan tombol S + X hingga membentuk gambar seperti contoh.

Masuk ke mode edit dengan shortcut tab, dan blok bagian face. Setelah itu, gunakan  tombol E + S untuk mengextrude bagian face. Selanjutnya, perkecil bagian face yang diblok tadi  untuk memberikan batasan antara layar dan badan tv.

Bagian face yang telah di perkecil tadi lalu di extrude dengan perintah tombol E dan Tarik kursor mouse perlahan kebelakang untuk membuat face tertarik kedalam.

Selanjutnya, untuk membuat batang tv kita memblok bagian face bawah dan gunakan tombol E + S seperti langkah sebelumnya agar dapat memperkecil face yang diblok.

Setelah face bawah diperkecil, gunakan tombol E untuk mengextrude face.

Pada bagian yang telah diextrude, gunakan tombol CTRL + R untuk membagi bagian objek yang dituju. Pembatasan objek ini berfungsi agar pada saat merisize salah satu bagian objek, perubahan size atau perubahan bentuk objek terbatasi oleh garis ini. Garis ini dapat dimodifikasi untuk merubah bentuk pada seleksi vertex maupun edge.

Setelah diberikan batasan dengan fungsi loopcut(ctrl+r), blok face bawah batang tv dan gunakan tombol S untuk melebarkan face yang di blok hingga memberikan bentuk yang ideal untuk penyanggah TV.


Membuat Meja
Setelah pembuatan TV selesai, selanjutnya kita akan membuat meja sebagai tempat menyimpan TV yang telah kami dibuat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Gunakan objek kubus dan resize dengan menggunakan tombol S + X untuk melebarkan objek kubus agar membentuk meja.

Masuk ke menu edit dan blok face depan, kemudian gunakan tombol E + S untuk memperkecil sekaligus memberikan bagian tambahan face depan.

Pada bagian face yang telah di perkecil, gunakan tombol E untuk mengextrude face yang telah diperkecil tadi dan tarik kursor secara perlahan kebelakang agar bagian yang diblok masuk kedalam.


Pilih salah satu bagian face dan duplikat dengan tombol shift + D, setelah itu geser face yang telah di duplikat ketengah kotak seperti contoh gambar berikut.

Pada face yang telah diduplikat tadi, extrude face yang diduplikat untuk membentuk pembatas skat pada meja tv.



Membuat Lantai
Berikut adalah proses akhir dari penggabungan antara kedua objek yang telah kami buat, langkah-langkahnya yaitu:

Setelah kedua objek telah jadi, selanjutnya kita buat lantai dengan objek plane.

Geser kebawah dan resize plane.

Selanjutnya adalah proses pewarnaan objek. Pada mode objek, pilih salah satu objek dan masuk ke dalam mode edit untuk memberikan warna.

Sama dengan cara pewarnaan pada meja, masuk ke mode edit kemudian seleksi semua bagian dan berikan warna

Setelah itu berikan warna pada face layar tv dengan hanya menyeleksi bagian face yang diibaratkan layar tv. Setelah diseleksi berikan warna berbeda.

Untuk mewarnai lantai sama dengan cara sebelumnya, bedakan warna. Setelah pewarnaan selesai, atur citra gambar dengan masuk kedalam mode camera. Setelah posisi telah diatur, render gambar untuk output akhir dengan tombol F12.
Mode Camera

Render Objek

Hasil Akhir



Nama Kelompok :
  1. Chintyasarie Andriany    51412596
  2. Dara Apriyanthi              51412712
  3. Marsaulina Hutahaean   54412455
  4. Nesa Aqmarina Sabila    55412291
Next Prev
▲Top▲