EKONOMI WEB

| Senin, 16 Juni 2014

Pemasaran internet atau e-pemasaran adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk dan hasa melalui atau menggunakan media elektronik internet. Dengan munculnya teknologi internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll. Kegiatan pemasaran internet umumnya meliputi pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan yang bersangkutan pemasaran.


IKLAN

Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan barangan, pengkhidmatan, peluang pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang ingin disampaikan. Walaupun periklanan bukan saluran massa tetapi sejarah dan perkembangan media massa. Revolusi percetakan dan penciptaan alat cetak oleh Johannes Gutenberg pada 1440 merupakan peristiwa paling penting dalam permulaan kegiatan periklanan dari dunia.

Karakteristik lingkungan periklanan :
  1. Kekuatan lingkungan selalu berubah
  2. Perubahan lingkungan menciptakan ketidakpastian, ancaman, peluang (dalam dinamika periklanan).
  3. Tanggapan terhadap perubahan lingkungan.

Reaktif, apabila tidak dapat mengendalikan elemen-elemen lingkungan, caranya selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada.
Proaktif, apabila memiliki sejumlah kendali dan resources, caranya dengan mengambil langkah-langkah untuk melakukan perubahan yang menghasilkan lingkungan yang lebih kondusif.

Iklan terhadap pengaruh ekonomi:
  1. Iklan sebagai transaksi atau peristiwa yang ekonomi yan gmampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.
  2. Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih)
  3. Memberi keuntungan kepada agen iklan.
  4. Membuka lapangan kerja.
  5. Iklan menjadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
  6. Industry periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
  7. Seiring dicanangkannya industry kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
  8. Saat krisis ekonomi 1998, industry periklanan merupakan satu-satunya industry yang cepat keluar keterpurukannya.

Dampak (cakram, juni 2000), artinya kalangan industry masih memberikan kepercayaan melakukan promosi.
  1. Pesan yang ditimbulkan.
  2. Meningkatkan pemasaran produk.



PENCARIAN
Pencarian pada ekonomi web pada umunya adalah melalui penjualan online. Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.
Pengaruhnya:
  1. Kehadiran e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan merubah   kebiasaan bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online ketimbang melangkahkan kaki ke outlet penjualan. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar mancanegara.
  2. seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. Banyak sekali situs yang menyediakan jual beli online. Salah satu yang terbesar adalah TokoBagus(dot)com. Dengan adanya Internet pula kita tidak perlu repot pergi untuk membeli barang yang kita butuhkan. Tinggal pesan saja melalui transaksi ataupun dengan cash.
  3. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi.



ONLINE AUCTIONS

Online auction adalah mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga terakhir dicapai. Online auction menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu.

Ada empat kategori utama dynamic pricing yaitu:
- Satu pembeli, satu penjual
- Satu penjual, banyak pembeli potensial
- Satu pembeli, banyak penjual potensial
- Banyak penjual, banyak pembeli

Manfaat dari Online Auction dibagi jadi 3 bagian, yaitu :
1. Manfaat bagi penjual :
- Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
- Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar
- Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan

2. Manfaat bagi pembeli :
- Kesempatan untuk menemukan barang unik                                                                  
- Hiburan bagi pembeli
- Pembeli bisar menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular

3. Manfaat bagi Auctioner :
- Pembelian yang lebih tinggi.
- Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
- Ekspansi bisnis lelang.



REFERENSI
http://novanbram.blogspot.com/2014/06/analisis-web-dan-ekonomi-web.html

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲