Perkembangan dan Inovasi dari Microsoft Windows

| Sabtu, 13 April 2013
                Apa yang anda ketahui tentang inovasi? Inovasi adalah suatu penemuan yang baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal orang sebelumnya. Seorang wirausaha atau wirausahawanlah yang biasanya melakukan berinovasilah agar dapat dikatakan seorang wirausahawan yang inovatif, karena seorang yang inovatif biasanya selalu melakukan penelitian agar dapat menciptakan suatu terobosan baru  yang belum ada sebelumnya sehingga dapat meledak dan dikenal oleh banyak orang.  (definisimu.blogspot.com, 2012)

                Berbicara tentang inovasi, disini kita akan membahas tentang inovasi atau perubahan yang terdapat di microsoft windows. Untuk para pengguna computer pastinya tidak asing lagi mendengar kata Microsoft windows ini kan? Ya, Microsoft windows atau yang dikenal dengan windows ini adalah sebuah system operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang paling banyak yang digunakan dalam computer pribadi di seluruh dunia. Microsoft windows ini telah mensukseskan pemiliknya yaitu William H Gates III, atau yang lebih dikenal dengan Bill Gates. Banyak orang yang mengenal Microsoft windows tetapi tidak banyak yang mengetahui perkembangan Microsoft windows itu sendiri. Disini penulis ingin memberikan sedikit dari beberapa gambaran mengenai perkembangan Microsoft windows itu sendiri. Adapun beberapa versi windows yang pernah ada, yaitu :

1. Windows 1.0 ( 1985 )
2. Windows 2.0 ( 1987 )
3. Windows 3.0 ( 1990 )
4. Windows 3.1 ( 1992 )
5. Windows for Workgroups 3.1 ( 1992 )
6. Windows NT 3.1 (1993 )
7. Windows for Workgroups 3.11 ( 1993 )
8. Windows NT 3.5 ( 1994 )
9. Windows NT 3.51 ( 1995 )
10. Windows 95 ( 1995 )
11. Windows NT 4.0 ( 1996 )
12. Windows 98 ( 1998 )
13. Windows 98 SE ( 1999 )
14. Windows 2000 ( 2000 )
15. Windows Me ( 2000 )
16. Windows XP ( 2001 )
17. Windows Server 2003 ( 2003 )
18. Windows Vista ( 2006 )
19. Windows Server 2008 ( 2008 )
20. Windows Seven ( 2010 )
21. Windows 8 (2012)
                Windows 1.0, Adalah versi pertama Microsoft windows, yang disebut dengan windows 1.0. dirilis pada tanggal 20 November  1985. Versi ini masih memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas sehingga kurang popular di pasaran. Pada awalnya windows versi 1.0 ini akan dinamakan dengan nama interface manager, akan tetapi Rowland hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft corporation meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama windows akan lebih memikat konsumen. Windows 1.0 bukanlah sebuah system operasi yang lengkap, namun hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama dengan yang dimiliki oleh MS-DOS. (tren-komputer.blogspot.com, 2009)

                Windows vista, adalah sebuah system operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada computer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada computer laptop, maupun media center. Sebelum diumumkan dengan nama windows vista pada 22juli 2005, system operasi ini lebih dikenal dengan codename longhorn (berasal dari  longhorn saloon, sebuah bar terkenal di whistler, british Columbia, kanada). Microsoft meluncurkan windows vista pada 8 november 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian peluncuran windows vista ini berjarak lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 oktober 2001. (www.slideshare.net)

                Windows 7, merupakan pengganti windows vista. Windows 7 menawarkan berbagai fitur yang telah ada di versi windows sebelumnya, dengan adanya perbaikan dalam hal keamanan dan kompatibilitas software dan hardware, efektifitas resources komputer serta tampilan yang lebih menarik. Namun ada beberapa kelemahan diantaranya software yang berbasis windows xp belum sepenuhnya bisa berjalan di Windows 7, beberapa hardware produk lama tidak mengeluarkan driver untuk windows 7, menyebabkan pengguna harus membeli produk (hardware) baru agar bisa berfungsi maksimal di windows 7. (artikelkomputerku.blogspot.com, 2009)

                Steven Jay Sinofsky atau biasa dikenal sebagai Steven Sinofsky merupakan penemu sekaligus perancang dari OS windows teranyar buatan microsoft saat ini yaitu Windows 8. Tugas pertamanya di posisi strategis tersebut adalah meredam 'kegelisahan' pengguna Windows atas performa Vista. Nah, kemudian muncul lah Windows 7 sebagai 'proyek' pertama sang eksekutif dengan jabatan Presiden Windows. Windows 7 terbilang cukup sukses di pasaran, dengan menghapus keraguan pengguna yang ditinggalkan Vista. Hingga akhirnya pertanyaan kemudian yang muncul adalah, selanjutnya apa? Jawabannya Windows 8! OS versi terbaru ini pun akhirnya mampu tampil menarik dengan mengusung modern user interface yang ditampilkan lewat gaya kotak-kotak. Tampilan ini dulu sempat disebut 'Metro', namun belakangan ditinggalkan Microsoft lantaran tersandung kasus paten Lewat Windows 8 inilah Steven Sinofsky dianggap sukses memberi penyegaran terhadap seri keluarga Windows yang sudah sangat populer. (kolom-biografi.blogspot.com, 2012)

                Windows 8 memang memiliki ratusan fitur baru, seperti waktu boot yang lebih cepat, mode pesawat (semua hal yang berkaitan dengan radio, seperti WiFi dan 3G akan dimatikan saat menggunakan mode ini), fungsi copy/move/paste yang diklaim lebih baik, program anti-virus bawaan (Windows Defender dengan semua fitur Microsoft Security Essentials), menggunakan gambar sebagai password, dan masih banyak lagi. 

Sayangnya, fungsi "mode Windows XP" yang ada di Windows 7 sudah dihilangkan di Windows 8. Fitur Windows DVD Maker pun sudah menghilang dari Windows 8. (tekno.kompas.com, 2012)
                Teknologi tidak akan selalu berjalan di tempat pasti suatu saat akan melakukan perubahan atau perkembangan menjadi lebih baik, disinilah yang dimaksud inovasi itu sendiri, karena pada microsoft windows ini sendiri melakukan sebuah perubahan sehingga tedapat beberapa jenis versinya. Perubahan itu berguna untuk memperbaharui atau memperlengkap fasilitas dari kekurangan yang terdapat pada versi-versi sebelumnya yang ada di Microsoft windows itu sendiri sehingga hingga sampailah saat ini terdapat windows 8 dan mungkin akan ada windows-windows yang lainnya.

DAFTAR ISI :

Next Prev
▲Top▲